Wednesday, August 6, 2008

Pendahuluan

Ahlan wa sahlan..
Alhamdu lillah akhirnya blog ini bisa dibuat dengan segala keterbatasan yang ada pada diri saya. Walaupun sudah ada beberapa situs yang memberikan layanan pengajaran Bahasa Arab, saya berharap ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi mereka yang benar-benar baru mulai.

Bahasa Arab, selain berfungsi sebagai bahasa komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, juga merupakan sarana untuk memahami ajaran-ajaran Islam. Sebagaimana kita ketahui bahwa sumber utama ajaran islam, yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah keduanya ditulis dalam bahasa Arab. Selain itu, Bahasa Arab juga merupakan bahasa yang dipergunakan dalam ritual ibadah, terutama shalat. Sebagaimana disepakati oleh para ulama, bahwa tidak sah shalat menggunakan bahasa Ajam (selain Bahasa Arab). Oleh karena itu, penting sakali bagi setiap muslim untuk mempelajari bahasa Arab, sehingga bisa memahami ajaran Islam, memahami apa yang dibacanya dalam shalat, dan sebagai alat komunikasi.

Bahasa Arab penting bukan hanya bagi para ulama dan aktifis dakwah saja, tetapi juga bagi semua umat Islam. Seorang yang mengerjakan shalat tidak akan khusyu’ tanpa memahami apa yang diucapkannya, dan bacaan-bacaan dalam shalat adalah dengan bahasa Arab. Oleh sebab itu, memahami Bahasa Arab, paling tidak memahami bacaan-bacaan dalam shalat menjadi penting, sebagaimana pentingnya shalat itu sendiri.

Alhamdu lillah, Insya Allah dengan segala keterbatasan, saya coba menuangkan ide-ide saya untuk menularkan sedikit ilmu saya kepada siapa saja yang ingin belajar Bahasa Arab dari Nol. Dari tidak tahu sama sekali. Mudah-mudahan bermanfaat. Untuk pengembangan blog ini, silakan kirimkan saran dan kritik Anda.

2 comments:

arisdian.bloger.com said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ustadz

Perkenalkan, ana
Mochamad Hidayat, mohon izin untuk bergabung dalam mempelajari bahasa arab, sekaligus izin copas untuk ana sebarkan di grup ana.
Baik grup whats app dan telegram

Sebelumnya ana mengucapkan
Jazakumullahu khayran

Hak Karya © 2008 Aann
Semoga Bermanfaat